Apa itu Lentigo Maligna


Lentigo Maligna?
Lentigo adalah kondisi kulit, juga dikenal sebagai bintik melanosis Hutchinson atau melanoma di situ. Pada dasarnya, di bagian kulit yang rusak oleh matahari, sel-sel ganas ini muncul tanpa pertumbuhan invasif. Kemajuan kondisi kulit sangat lambat dan mungkin tetap dalam bentuk non-invasif selama bertahun-tahun.

Lentigo maligna umumnya ditemui pada orang yang telah memasuki dekade ke-9, daerah yang paling terkena dampak adalah orang-orang yang menerima paparan sinar matahari konstan, seperti wajah (terutama hidung dan pipi) dan lengan bawah. Dalam bentuk ini, sel-sel ganas terbatas pada jaringan awal dan pertumbuhannya lambat tetapi dapat membuat transisi ke melanoma asli. Itu dikenal sebagai melanoma lentigo maligna dan ditandai dengan sel-sel ganas yang berubah menjadi permukaan bergelombang.

Seperti apa bentuk lentigo maligna?
lentigo maligna Awalnya, noda biru atau hitam muncul di kulit. Ketika kondisi ini muncul pada orang tua, tidak mengherankan jika kulitnya tipis. Pada banyak pasien, kulit menjadi berubah warna di daerah-daerah tertentu dan daerah ini berkembang perlahan dengan berlalunya waktu. Kemiripan pada periode awal adalah bintik-bintik atau bintik-bintik coklat, juga dikenal sebagai lentigine. Daerah yang terkena dampak menjadi lebih jelas dalam waktu, memiliki kemungkinan untuk tumbuh bahkan beberapa sentimeter selama beberapa dekade.

Artria memberi cara untuk mengenali lentigo maligna, kita harus mengikuti apa yang dikenal sebagai aturan ABCDE. A berarti asimetri, B untuk penyimpangan batas, C untuk variasi warna, D untuk diameter besar dan E untuk berevolusi. Menurut aturan ini, lentigo maligna memiliki ukuran besar, batas tidak beraturan, variasi warna (coklat, biru, merah muda, merah atau putih) dan permukaan yang halus saat disentuh (ini karena kulit menjadi lebih tipis karena penuaan).

Gejala Lentigo Maligna
Ini adalah gejala paling umum dari lentigo maligna:
  • Permukaan kulit berubah warna yang mungkin mengembang dengan berlalunya waktu
  • Pertumbuhan pada kulit yang terpapar sinar matahari - hidung, pipi, telinga, leher, lengan bawah
  • Kesemutan atau gatal bisa terjadi
  • Jika kulit keras dan kental saat disentuh, berdarah, mengalir atau berkerak, maka kulit tersebut mungkin sudah bermigrasi ke lentigo maligna melanoma
  • Penyebab
  • Penyebab pasti mengapa sel-sel kulit menjadi ganas belum diidentifikasi tetapi tampaknya mutasi genetik mungkin terlibat.

Paparan sinar matahari yang terus-menerus dan terus-menerus adalah faktor pemicu utama yang dituduhkan, terutama selama tahun-tahun muda kehidupan seseorang. Ini adalah alasan mengapa memiliki kulit yang adil dan tinggal di negara di mana ada banyak hari cerah menjadi dua faktor pemicu potensial lainnya. Tak perlu dikatakan bahwa paparan terus-menerus terhadap sumber penyamakan buatan dapat meningkatkan risiko munculnya lentigo melanoma juga.

Memiliki kulit yang adil adalah risiko potensial karena ini adalah jenis kulit yang mudah rusak oleh sinar matahari. Ini adalah orang-orang yang lebih suka terbakar daripada tan, memiliki rambut berwarna terang (pirang atau merah) dan mata berwarna terang (biru atau hijau). Mereka juga memiliki bintik-bintik dan, seperti yang telah disebutkan, lentigo melanoma juga dikenal sebagai bintik melanotik. Tak perlu dikatakan bahwa ini adalah kondisi kulit yang kurang umum pada orang dengan kulit yang lebih gelap.

Karena paparan sinar matahari dianggap sebagai faktor pemicu utama, tampaknya mengalami episode terbakar matahari parah secara berkala juga merupakan faktor yang menguntungkan. Jika episode-episode itu terjadi selama masa kanak-kanak dan mereka cukup parah untuk terbentuk lecet pada kulit, maka kulit itu sudah terluka dan cenderung menjadi lentigo melanoma pada tahun-tahun yang lebih tua. Terakhir, tetapi tidak sedikit, tampaknya orang-orang dengan banyak tahi lalat di tubuh mereka dan terutama tanda lahir berbulu menghadirkan peningkatan risiko untuk kondisi kulit ini, karena ada orang-orang yang menderita kekurangan kekebalan.

Diagnosa
Aturan ABDCE sering digunakan untuk diagnosis lentigo melanoma tetapi ini hanya terkait dengan penilaian awal. Sering kali, dokter spesialis lebih suka melihat jaringan yang terkena di bawah mikroskop. Seluruh area akan diangkat melalui pembedahan dan kemudian akan dikirim ke laboratorium khusus untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dalam kasus daerah yang telah tumbuh terlalu luas, maka hanya sampel yang akan diambil, yang dikenal sebagai biopsi. Ini sangat penting, karena dapat menentukan apakah sel-sel ganas telah melanggar perbatasan dan pengobatan apa yang harus diambil.

Dalam sebagian besar situasi, operasi pengangkatan seluruh area yang terkena kontraindikasi, karena identitas awal lesi tidak dapat dengan mudah ditunjukkan. Jenis biopsi yang dilakukan adalah kemudian di mana dokter akan mengambil sampel dari berbagai titik. Sampel yang diambil mungkin menunjukkan hal-hal yang berbeda dan itu akan membantu dokter untuk menemukan identitas awal lesi, sehingga dapat mengeluarkannya sepenuhnya.

Prognosa
Pertama-tama, Anda harus memahami bahwa lentigo maligna tidak berbahaya, karena berevolusi perlahan selama bertahun-tahun tetapi sel-sel ganas tetap berada dalam batas tertentu. Namun, jika mereka berubah untuk melanoma, maka prognosisnya berubah. Prognosis tergantung pada apakah lesi dapat diangkat melalui pembedahan atau tidak, efisiensi perawatan lain dan juga pada penampilan lesi baru yang dimodifikasi. Saat diagnosis lentigo maligna melanoma telah dibuat, prognosis tergantung pada ketebalan tumor.

Pengobatan
Ini adalah kursus perawatan yang paling umum untuk lentigo maligna:
  • Operasi pengangkatan daerah yang terkena, diikuti oleh pencangkokan kulit tambahan
  • Dalam kasus di mana operasi tidak dapat dilakukan karena area yang terkena terlalu besar, ada opsi perawatan lain yang tersedia:
  • Radioterapi
  • Cryotherapy
  • Krim topikal - hasil dari krim ini masih dalam tahap penelitian.
  • Ketika datang untuk memiliki lentigo maligna, pencegahan adalah kuncinya, untuk mencegahnya menjadi lentigo maligna melanoma. Ini adalah beberapa rekomendasi utama:

Pergi ke dokter saat tahi lalat telah mengubah bentuk, warna, pertumbuhan atau jika sudah mulai berdarah atau keluar. Lindungi diri Anda dari sinar matahari menggunakan krim dengan faktor SPF tinggi dan mengenakan pakaian yang sesuai selama hari-hari musim panas. Jangan gunakan penyamakan buatan. Tingkat kelangsungan hidup

Tingkat kelangsungan hidup untuk lentigo maligna adalah normal, karena ini adalah penyakit yang perlahan berkembang. Faktor yang ada bersama mungkin mempengaruhi tingkat kelangsungan hidup, terutama jika pasien harus menjalani operasi berkepanjangan untuk pengangkatan luas area yang terkena. Dalam situasi yang lentigo maligna berubah menjadi melanoma, maka tingkat kelangsungan hidup bagi mereka yang lebih dari 4 mm adalah 50% selama periode sepuluh tahun.

Sekali lagi, tingkat kelangsungan hidup tergantung pada bagaimana lesi telah menyebar dan apakah mereka telah mengalami modifikasi. Tingkat kelangsungan hidup dapat secara pasti dipengaruhi oleh kesehatan keseluruhan pasien, karena fakta yang diketahui bahwa pasien yang lebih tua dapat memiliki berbagai masalah medis kronis.

Sebagai pasien, Anda tidak perlu menunggu untuk pergi ke dokter sampai terlambat. Perawatan dan tingkat kelangsungan hidup keduanya dipengaruhi oleh waktu aktual ketika Anda pergi ke dokter, karena perkembangan dari lentigo maligna ke melanoma dapat terjadi tanpa pemberitahuan.

Subscribe to receive free email updates: